Selasa, 01 Januari 2013

Tari Lenyepan Tari Ka sumedangan



KAJIAN TEORITIS TENTANG TARI LENYEPAN


1. Nama Tarian dan Cerita Tariannya

           
            Judul Tari        : Lenyepan / Gambir Anom
            Narasumber     : Rd.Ono Lesmana Kartadikusumah (alm)
            Pelatih             : Ibu Ade Rukasih Hajiat
            Gending Lagu : Udan Mas / Bajar Sinom
            Laras               : Salendro
            Jenis tari          : Lenyep
           
            Tari Lenyepan adalah salah satu bentuk repertoar dalam genre tari keurseus yang memiliki karakter kinetik halusan.Ibing Lenyepan yang ada di Sumedang sebagai hasil dari kreasi Bapak Ono Lesmana, memiliki beberapa sikap dan gerak yang khas. Tari Lenyepan, sikap dan gerak kepala sangat banyak fungsinya walaupun dalam melakukan intensitas tenaga tidak terlalu kuat, karena pada prinsipnya untuk mempertegas maksud dari gerak, untuk melengkapi harmoni seluruh gerak tari, atau menjadi gerak tersendiri dimana hanya kepala saja yang digerakan. Mengkaji berbagai pemaparan yang telah diuraikan persoalan gaya bisa muncul dan berbentuk dari siapa saja secara perseorangan/individu.
Di sini terlihat, bahwa di satu sisi merupakan sebuah pengakuan dan penghargaan dari masyarakat Sumedang terhadap ketokohan dan keempuan seorang Ono Lesmana yang menjadi panutan dalam kehidupan dunia seni tari. Namun di sisi lain pengaruh konsep Ono dalam memahami ibing keurseus, yaitu bahwa tari-tarian lain seperti Kawitan, Kastawa, dan lain-lain itu sudah terwakili oleh dua tarian terdahulu yaitu Lenyepan dan Gawil, baik dari sisi pengkayaan koreografi maupun dari sisi karakter geraknya, hal ini juga dianut oleh masyarakat Sumedang.
            Sinopsis tari Gambir Anom menggambarkan satria Gambir Anom , keur gandrung ka Siti Sundari . Maka tari Gambir Anom divisualkan dalam karakter lenyep tingkat tiga .

2  Tema tarian

         
          Tema tari lenyepan termasuk tari erotic yaitu tarian yang mengandung isi erotis atau percintaan . Tari erotic ada sejak zaman feudal dan dulu termasuk tari pergaulan karena mengandung percintaan antara wanita dan laki-laki .
            Tari lenyepan ini merupakan tari erotis karena synopsis tarian ini menggambarkan  satria Gambir Anom keur gandrung ku Siti Sundari .

 

3. Sejarah dan Perkembangan Tarian


          Tari Gambir Anom adalah sebutan lain dari Abimanyu Putra Raden “Arjuna” . Tarian ini mulai disusun awal tahun 1926 dan dilakukan pada tahun 1959 karena kebutuhan wayang orang makna yang terkandung dalam tarian ini adalah penyelarasan seorang putra yang banyak tuntutan kreativitas dalam rangka mengembangkan kehidupan .


4. Jenis Tarian


            Tari lenyepan merupakan tari tradisional klasik yaitu tari yang mencapai kristalisasi keindahan yang tinggi yang berkembang sejak zaman feudal . Tari ini dikembangkan di kalangan istana oleh para bangsawan . Para penarinya juga kaum bangsawan .
Aturan – aturan tari klasik biasanya baku dan tidak boleh diubah lagi baik untuk koreografi maupun aturan geraknya , bahkan memiliki formasi yang beraturan pula . Tata busana yang digunakan pula biasanya sangat mewah bersumber dari busana yang digunakan oleh orang-orang keratin atau istana .


5. Fungsi Tari

          Tari lenyepan berfungsi sebagai tari pertunjukan , yaitu tari yang utuh penciptaannya dibuat atau disusun sebagai tarian untuk dipertunjukkan atau dipertontonkan kepada sekelompok masyarakat . Pada tarian ini memiliki ragam yang artistic , koreografi yang baku ,bahkan komposisi formasi yang teratur . Dengan desain kostum dan rias yang ditata secara beraturan pula , sehingga menambah kesan indah bagi para penontonnya . Tarian ini tumbuh berkembang mulai pada zaman hindu/feudal , namun perkembangannya lebih pesat lagi pada zaman modern.

6. Bentuk Penyajian Tarian


            Tari lenyepan termasuk kedalam tari tunggal , yaitu suatu penampilan tari yang dibawakan oleh seorang penari , baik putra maupun putri . Gambaran cerita pada tari tunggal biasanya nama seorang tokoh , sehingga penari berfungsi sebagai pemeran , karena si penari dituntut untuk tampil matang dan terampil membawakannya  . Bentuk tariannya berdiri sendiri dan tidak ada kaitannya dengan penampilan tari sebelumnya atau berikutnya atau disebut tari lepas .
            Ragam gerak yang terdapat pada tari tunggal bermacam-macam , hal ini tergantung dari nama tariannya . Namun secara umum jenis-jenis ragam gerak pada tari tunggal terdiri atas gerak di tempat , gerak berpindah tempat , gerak lantai dan gerak meloncat .

 7. Musik Pengiring Tari


a.       Nada/laras : Salendro
b.      Partitur Lagu : Pangkat : 3 1 2 4 3 2 , Saron 1 : 5 2 5 1 4 4
c.       Instrumen-instrumen tari lenyepan & fungsinya : saron 1 saron 2 , bonang , rincik , jenglong , kulanter ,selentem

1 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus